Review kamera aksi, bandingkan action camera, tips dan info terkait action camera dapat anda temukan di blog ini.

Lebih Baik Action Camera atau Kamera DSLR

Artikel terkait : Lebih Baik Action Camera atau Kamera DSLR


Olahraga ekstrim dan berpetualang/traveling saat ini sudah menjadi tren diberbagai kalangan di indonesia. Bukan hanya karena indonesia dianugerahi alam yang indah, namun banyak yang menjadikan kegiatan ini sebagai alternatif untuk menemukan jati diri, bertemu teman baru
dan banyak alasan lainnya. Namun salah satu yang lazim dilakukan para traveller dalam perjalanannya adalah dokumentasi alias mengabadikanya dalam bentuk foto ataupun video.
Pada dasarnya ada 2 jenis pelancong yaitu pelancong koper dan pelancong tas atau yang lebih sering disebut backpacker. Pelancong (traveller) koper identik dengan perjalanan yang mewah nan nyaman, dan tentu saja objek wisata yang menjadi tujuannya merupakan obejk wisata yang sudah terorganisir dan mudah didatangi. Contohnya sebut saja candi, taman bermain, kebun binatang, museum ataupun objek wisata “siap saji” lainnya.

Jenis kamera yang umumnya menjadi andalan  untuk traveller jenis ini adalah kamera DSLR dan kamera saku. Kamera jenis ini menjadi andalan bagi pelancong dalam mengabadikan momen – momen perjalanan mereka dikarenakan fiturnya yang lengkap serta tingkat ketajaman gambarnya yang mengagumkan. Kamera jenis ini hadir dengan berbagai fitur yang tentu saja
sesuai dengan harganya, hehehe...
Untuk traveller yang memiliki dana lebih tentu saja tidak akan keberatan untuk meminang kamera bermerk seperti canon DSLR ataupun Nikon DSLR. Dengan pertimbangan meminimalisir kekecewaan dari hasil foto nantinya. Namun bagi traveller yang memiliki budget liburan “seadanya” tentu memiliki pertimbangan lain, terutama yang berhubungan dengan harga. Hal ini dapat disiasati dengan membeli kamera bekas atau DSLR dengan merk yang kurang terkenal yang tentu saja harganya lebih murah.

Bagi pelancong beraliran backpacker terutama yang hobi berpetualang ke alam liar, biasanya kurang nyaman jika harus membawa kamera DSLR yang notabene memerlukan ruang penyimpanan yang besar. Hal ini tentu saja sangat merepotkan,  dan dari hal inilah yang mempelopori lahirnya kamera jenis baru yang sering disebut dengan action camera (kamera aksi).
Dari namanya tentunya sudah terbayang fungsi dan keunggulan dari kamera aksi ini. Dan karena diperuntukkan kegiatan ekstrim, tentu saja kamera ini didesain simple, tahan dikondisi dan tempat apapun dan yang paling penting adalah mudah digunakan. Action camera awalnya didominasi oleh merk GO PRO yang menjanjikan kemudahan dan hasil rekaman yang memukau, namun seperti kamera DSLR , kebanyakan traveller bermasalah dengan harganya yang cukup tidak bersahabat dikantong.
Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen, saat ini mulai banyak bermunculan merk – merk baru yang ikut bermain pada segmen action camera (kamera aksi). Sebut saja SJCAM yang menawarkan kamera aksi lengkap dengan mounting dan perlengkapan aksi lainnya. Selain itu juga ada merk Polaroid, Brica, Kogan, Ricoh, dan yang paling fenomenal Xiaomi yi.


Ukurannya yang mungil memberikan kemudahan bagi pelancong backpacker karena tidak terlalu memakan space. Kesan simple langsung terlihat ketika kita melihat kamera aksi. Selain itu dari segi ketahanan, kamera aksi sangat diunggulkan bahkan tidak jarang kamera jenis ini melakukan tugasnya di daerah bersuhu ekstrim bahkan dibawah air. Namun bukan berarti kamera aksi tidak memiliki kekurangan, contohnya hasil foto action camera ini lebih lebar/wide dibanding kamera biasa (melengkung) sehingga bagi sebagian orang hasil seperti ini kurang enak dipandang. Fitur yang diberikan juga tidak selengkap kamera DSLR seperti flash, pengaturan titik fokus dll.

Baik DSLR maupun action camera memiliki keunggulan masing – masing tergantung mau digunakan untuk kondisi perjalanan seperti apa. Jika kamu ingin mengunjungi tempat atau objek wisata yang “nyaman” maka sebaiknya bawalah kamera DSLR karena hasil jepretannya akan sangat memuaskan kecuali jika kamu lebih suka ber selfie maka action camera sudah lebih dari cukup. Sedangkan jika kamu ingin melakukan olahraga ekstrim ataupun alam bebas, maka sebaiknya membawa kamera aksi karena lebih ringkas dan lebih tahan disegala medan.
 Be smart buyer, be smart traveller :) 

Artikel Oprek Kamera Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Oprek Kamera | Design by Bamz