Review kamera aksi, bandingkan action camera, tips dan info terkait action camera dapat anda temukan di blog ini.

Komparasi 9 action camera terbaik tahun 2015

Artikel terkait : Komparasi 9 action camera terbaik tahun 2015



Action camera (kamera aksi) semakin mendapat perhatian dari penikmat travelling. Beragam ukuran, fitur dan kelebihan lainnya menjadi daya tarik kamera ini.  Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, saat ini action camera sudah lebih kecil dan lebih kuat serta mengalami peningkatan dalam hal tingkat resolusi dan frame. Selain itu fitur baru yang juga dapat kamu temui pada kamera aksi saat ini seperti kemampuan untuk berkomunikasi dengan sensor eksternal, dan mengedit video ekstrim kamu secara otomatis langsung pada kamera. Pada kesempatan ini saya akan coba membandingkan spesifikasi dan keunggulan dari beberapa action camera yang saat ini ada dipasaran.
Perbandingan action camera (kamera aksi) ini dimaksudkan untuk membantu teman – teman dalam memilih kamera yang sesuai dengan kebutuhan dan yang pasti budget, hehehe... Namun saya tidak akan membandingkan hasil video atau foto dari kamera ini tapi lebih kepada spesifikasi dan fitur –fitur yang dapat menunjang hasilnya.
Action camera yang akan kita bandingkan adalah :
• GoPro Hero4 Hitam
• Sony 4K X1000V
• TomTom Bandit
• Garmin VirB XE
• GoPro Pahlawan 4 Perak
• Veho MUVI K2 NPNG
• Drift Stealth 2
• GoPro Hero4 Sesi
• Panasonic HX-A1


Pemilihan action camera diatas berdasarkan dari data kamera terbaik di pasar pada bulan Oktober 2015. Namun setiap orang pasti memiliki penilaian dan pertimbangan masing-masing jadi penilaian ini tidak bersifat mutlak. Nah, mari kita mulai komparasi 9 action camera terbaik versi oprek kamera.

 1. Ukuran Action Camera


perbandingan Ukuran Action Camera

Dari segi ukuran, action camera saat ini memiliki ukurang yang lebih mungil bila di bandingkan dengan kamera aksi 5 tahun yang lalu. Oleh karena itu, action camera menjadi semakin mudah digunakan di peralatan aksi kamu seperti papan selancar, helm, sepeda, dan peralatan aksi lainnya. Bentuknya yang kecil tentu tidak akan menggangu aktifitas kamu namun yang perlu diperhatikan adalah action kamera harus diberi pelindung terutama dibagian lensannya. Untuk itu kamu perlu melengkapi action camera kamu dengan case baik itu yang waterproof case atau case biasa.


2. Berat Action Camera

perbandingan Berat Action Camera
Perbedaan ukuran action camera tentu saja diikuti perbedaan berat dari kamera itu sendiri. Contohnya TomTom Bandit, kamera ini memiliki berat 4 kali lebih berat jika dibandingkan dengan Panasonic HX-A1. Namun hal ini tentu saja bukan tanpa alasan, penggunaan ukuran sensor yang lebih besar menunjang perbedaan bobot ini. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah berat dari pelindung (case) dari kamera contohnya GoPro Hero4 yang apabila kita gunakan dengan waterproff case aslinya bobotnya meningkat dari  83 gram menjadi 147 gram.

3. Kemampuan menahan air

perbandingan Kemampuan menahan air Jika kamu berencana menggunakan action camera untuk kegiatan ekstrim terlebih pada kegiatan yang bersentuhan dengan air, maka kamu harus memperhatikan kemampuan kamera dalam menahan air. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap kamera memiliki tingkat ke tahanan air yang berbeda – beda. Oleh karena itu akan sangat baik jika kamu melindungi action kamera kamu dengan pelindung air (waterproof case) untuk meminimalisir resiko kerusakan yang dapat ditimbulkan jika terkena air. Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah tingkat ketahanan waterproof case dalam menahan tekanan air, karena semakin dalam air maka semakin kuat tekanannya.


4. Ukuran lensa Action Camera

perbandingan Ukuran lensa Action Camera

Semua action camera menggunakan wide angle lenses yang tentu saja memiliki tangkapan lensa yang lebih lebar dibanding kamera biasa. Hal ini ditujukan agar kamera dapat merekam dan menangkap gambar disekitar objek lebih luas sehingga hasilnyapun terlihat lebih nyata.
Kualitas foto atau video yang dihasilkan tentu saja bukan hanya tergantung dari lebar tangkapan lensa, banyak faktor yang mempengaruhi hasil action kamera seperti pencahayaan, kebersihan lensa dan juga sensor yang digunakan pada kamera tersebut.

5. Ukuran sensor Action Camera

perbandingan Ukuran sensor Action Camera
Seiring dengan lensa, ukuran sensor merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi kualitas gambar dari kamera aksi. Sensor yang lebih besar dapat menangkap lebih banyak cahaya, ini juga berarti memungkinkan peningkatan kinerja kamera pada kondisi minim cahaya. Dengan demikian, kamu dapat mengandalkan kamera dengan sensor 1/             2.3-inch untuk performa yang lebih baik, seperti Drift Stealth 2, GoPro Hero4 Sesi, dan Panasonic HX-A1.

6. Kemampuan action camera merekam Video 4K

perbandingan Kemampuan action camera merekam Video 4K
Video dengan kualitas 4K memang baru diperkenalkan pada tahun ini. Jika Anda ingin merekam video dengan kualitas 4K, satu-satunya pilihan action kamera yang masuk akal untuk melakukan hal tersebut adalah GoPro Hero4 Hitam atau Sony X1000V 4K dengan frame rates mereka yang lebih tinggi dibanding action camera yang lain. Selain itu TomTom Bandit dan GoPro Hero4 silver juga dapat merekam 4K, namun hanya sampai pada 15 fame per detik yang tentu saja video yang dihasilkan akan patah – patah.
Sebelum kamu memutuskan memiliki kamera dengan kualitas video 4K, sebaiknya pertimbangkan dulu apakah kamu sudah memiliki perangkat  untuk memutar hasil video 4K tersebut. jika belum memiliki perangkatnya, maka sebaiknya kamu memilih kamera dengan kualitas yang lebih rendah TomTom Bandit dan GoPro Hero4 silver juga menawarkan rekaman video yang 2.7k pada frame rates  yang lebih baik.


7. Kemampuan action camera merekam video Full HD

perbandingan Kemampuan action camera merekam video Full HD
Kemampuan ini merupakan salah satu fungsi yang sangat diharapkan pada action camera. Semua action camera yang kita bandingkan saat ini semuanya memiliki kemampuan merekam dengan kualitas Full HD / 1080p. Namun yang membedakannya hanya maksimum frame rate yang dapat ditangkap kamera dimana semakin tinggi frame ratenya maka semakin halus hasil video yang dihasilkan. Sebagian besar kamera aksi yang kita bandingkan memiliki merekam full HD hingga 60 fps kecuali Drift Stealth 2 dan Panasonic HX-A1 yang masih pada 30 fps. GoPro Hero 4 Hitam dan Sony X1000V 4K sudah tidak perlu diragukan lagi, mereka sanggup merekam video kualitas 1080p sampai dengan 120 fps, yang memungkinkan Anda untuk menghasilkan video gerak lambat dengan kualitas Full HD.


7. Kemampuan action camera merekam video gerak lambat (slow motion video)

perbandingan Kemampuan action camera merekam video gerak lambat (slow motion video)
Pada action camera yang memiliki kemampuan merekam 30 atau 60 fps keatas memungkinkan untuk melakukan rekaman atau video gerak lambat (slow Motion). Kabar gembiranya dari semua action camera yang kita bandingkan, semuanya dapat merekam melebih  60 fps namun tentu saja dengan kualiatas gambar yang berbeda. Untuk actiaon kamera kelas high end tentu hal ini tidak menjadi masalah karena kamera aksi pada level ini dapat menggabungkan frame rate yang tinggi dengan resolusi yang tinggi pula. Sementara pada kamera aksi level dibawahnya umumnya hanya sanggup menggabungkan frame rates yang tiggi dengan kualitas WVGA-HD.

8. Tingkat resolusi foto action camera

perbandingan Tingkat resolusi foto action camera
Dengan sensor gambar yang kecil dan sifat distorsi lensanya, kamera tindakan yang bukan pilihan ideal untuk kamu yang mencari kesempurnaan optik. Karena kamera ini pada dasarnya diperuntukan untuk pengambilan gambar pada kegiatan yang tidak stabil (bergerak). Dari spesifikasi diatas terlihat kamera aksi lebih memfokuskan untuk pembuatan video bukan foto, contohnya TomTom Bandit dan Muvi K2 NPNG yang dilengkapi resolusi 16 megapixel.

9. Burst rate action camera

perbandingan Burst rate action camera
Kemampuan kamera dalam menangkap gambar juga menjadi pertimbangan tersendiri dalam memilih action kamera. GoPro Hero4 Hitam dan Silver, atau Garmin VirB XE memiliki burst rate 30 fps, ini berarti saat kamu diam maka kamera dapat menangkap suatu kejadian atau pergerakan di depan lensa dengan cepat. Bahkan 10 fps dari Sony X1000V 4K, TomTom Bandit dan GoPro Hero4  sebanding dengan kecepatan dari banyak kamera DSLR.

10. Layar LCD action camera

perbandingan ketersediaan Layar LCD action camera Karena ukurannya kecil maka beberapa dari action camera tidak memiliki layar, meskipun hal ini akan menjadi nilai plus jika disematkan pada kamera aksi. Keuntungan jika terdapat layar adalah kamu bisa melihat langsung hasil dari rekaman yang kamu buat, selain itu kamu juga dapat mengubah pengaturan langsung pada kamera. Namun ketiadaan layar ini dapat diatasi dengan kemampuan nirkabel kamera yang dihubungkan ke smartphone (streaming).

11. Wireless / nirkabel action camera

perbandingan Wireless / nirkabel action camera
Fitur Wireless (nirkabel) pada kamera merupakan suatu keharusan pada action camera, karena fitur ini menunjang kemudahan untuk mengirim hasil jepretan, mengontrol/mengoperasikan kamera, sebagai viewfinder dan juga fungsi edit videonya. Bahkan pada pada beberapa kamera juga terdapat fitur nirkabel yang menarik sebagai contoh, Sony X1000V 4K memiliki NFC untuk memudahkan menghubungkan action camera dengan perangkat yang kompatibel, selain itujuga terdapat built-in GPS.
Garmin VirB XE juga tidak mau ketinggalan, dengan dikombinasikan dengan kemampuan ANT, kamera aksi ini dapat menampilkan hasilnya langsung melalui berbagai monitor eksternal. TomTom Bandit menawarkan fitur yang cukup menarik pula dengan menawarkan visualisasi data video dari internal sensor serta bluetooth yang terhubung dengan monitor detak jantung.

12. Media penyimpanan action camera

perbandingan Media penyimpanan action camera




13. Daya tahan baterai action camera

perbandingan Daya tahan baterai action camera

Banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan daya tahan baterai mulai dari suhu disekitar kamera, kualitas video yang diambil, tingkat frame rates, resolusi gambar dan masih banyak hal lainnya. Namun, ketahanan baterai hingga 4 jam dari Muvi mungkin dapat dikategorikan kemampuan  maksimal dari action camera saat ini.
Pertimbangan lainnya adalah apakah baterai removeble atau tidak karena pada kamera Drift Stealth 2, GoPro Hero4 Session dan Panasonic HX-A1 menggunakan baterai tanam yang artinya tidak dapat diganti langsung jika telah habis. TomTom Bandit menggunakan baterai dan kartu memori yang terintegrasi dengan body camera yang dapat dicopot dan dihubungkan ke port USB saat pengisian dan mengakses konten.

14. Harga action camera

comparasi harga action camera
GoPro Hero4 Hitam masih merupakan tindakan kamera paling mahal saat ini, diikuti oleh Sony X1000V 4K dan kemudian TomTom Bandit, Garmin VirB XE dan GoPro Hero4 Silver.

kesimpulan


secara garis besar GoPro Hero4  hitam yang jika dilengkapi LCD dapat dikatakan memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna action camera. Namun tentu saja ada harga lebih yang harus dibayar untuk action camera ini. Selain itu Sony X1000V 4K secara terang-terangan menantang kemampuan GoPro Hero4 Hitam dengan menawaran spesifikasi, XAVC S untuk merekam level pro serta live streaming via Ustream. Bagi mereka yang mencari resolusi terbaik dan frame-rates yang tinggi, Sony  X1000V 4K merupakan alternatif yang sangat layak untuk dipertimbangkan.
Sementara itu, Garmin dan TomTom memutuskan untuk menyaingi dominasi GoPro dengan melakukan sesuatu yang berbeda. Sebuah fitur menonjol dari TomTom adalah yang fitur shake-to-edit yang terdapat langsung pada kamera dikombinasikan dengan sensor untuk kecepatan, G-force, ketinggian dan rotasi yang secara otomatis digabungkan pada video serta kemudahan men-share hasil video tersebut . Garmin VirB XE juga menggunakan sebuah array sensor internal, bersama dengan ANT + kompatibilitas sensor, untuk menampilkan informasi tambahan, seperti overlay video, kecepatan kamu bergerak.
Bagi kebanyakan pengguna, GoPro Hero4 silver masih menjadi pilihan terbaik karena action kamera ini mampu menawarkan pilihan video yang solid dan berkualitas serta memiliki layar untuk melihat hasil rekamannya. Namun pada rentang harganya, Drift Stealth 2 dan Panasonic HX-A1 siap menjadi kompetitor untuk GoPro Hero4 silver
Setiap action camera memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, semua kembali pada kebutuhan kamu, jangan membeli kamera hanya karena tergiur merk atau fitur yang disediakan karena belum tentu fitur itu kamu butuhkan. Namun bagi kamu yang masih tergolong pemula dan dana terbatas, mungkin dapat memilih action camera XiaomiYI sebagai kamera perdana kamu.

Artikel Oprek Kamera Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Oprek Kamera | Design by Bamz